12 Desa di Jerowaru Rawan Kekeringan

Bantuan Sumur Bor Belum Maksimal

Ilustrasi kekeringan
Ilustrasi kekeringan

SELONG—Kecamatan Jerowaru merupakan salah satu kecamatan di wilayah Selatan Lombok Timur (Lotim) yang setiap tahunnya selalu dilanda kekeringan. Tahun ini saja, ada sekitar 12 desa yang dinyatakan rawan kekeringan.

Sejak awal kekeringan, para warga yang bermukim di sejumlah desa di Kecamatan Jerowaru mulai mengalami kesulitan. Misalnya di Desa Ekas Buana, Sekaroh dan beberapa desa lainnya.

Pasokan bantuan air bersih pun terus dilakukan oleh berbagai pihak terkait, termasuk Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. “Tahun kekeringan di Jerowaru terjadi lebih awal. Bahkan sudah dimulai,” kata Camat Jerowaru, Lalu Ahmad Zulkifli, Senin (25/6) kemarin.

Kekeringan sendiri telah menyebabkan sebagian besar embung yang ada di Jerowaru mulai kering. Tidak hanya krisis air bersih untuk kebutuhan sehari-sehari saja, tetapi para petani di wilayah  itu juga  kesulitan mendapatkan air untuk mengairi lahan pertanian mereka. Terlebih lagi saat ini sedang musim tanam tembakau. “Tapi untuk kebutuhan air  minum tidak terlalu sulit. Soalnya ada bantuan, baik dari Dinas Sosial Provinsi maupun BPBD,” imbuh Ahmad.