12.845 Pendaftar UTBK-SBMPTN akan Tes di Unram

Calon mahasiswa Unram saat seleksi UTBK Gelombang pertama. (IST/ RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) berakhir pada Sabtu, 16 April 2022 lalu. Tercatat ada 12.845 orang yang mendaftar UTBK-SBMPTN akan mengikuti tes di Universitas Mataram (Unram).

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku lembaga yang menyelenggarakan tes masuk Perguruan Tinggi bagi calon mahasiswa baru telah merilis daftar pusat UTBK PTN Seluruh Indonesia dan salah satu diantaranya adalah Unram. Sebagai salah satu pusat UTBK PTN, Unram telah mempersiapkan lokasi tes UTBK-SBMPTN 2022 di kampus utama Unram.

Selain itu, untuk memudahkan akses calon mahasiswa Unram juga telah mempersiapkan lokasi tes di Pulau Sumbawa, yaitu di SMKN 1 Sumbawa Besar, SMKN 2 Sumbawa Besar dan SMKN 3 Sumbawa Besar. Berdasarkan data jumlah pendaftar tersebut, tercatat 12.008 calon mahasiswa akan melaksanakan ujian di kampus utama Unram dan 837 calon mahasiswa lainnya memilih lokasi ujian di Sumbawa.

BACA JUGA :  Inilah Jurusan Sepi Peminat dan Banyak Diincar di Unram

Wakil Rektor (WR) I Unram, Agusdin mengatakan UTBK-SBMPTN tahun ini ada kenaikan angka pendaftar calon mahasiswa Unram. Pelaksanaan UTBK gelombang pertama akan berlangsung dari tanggal 17 – 23 Mei 2022, dan gelombang kedua pada tanggal 28 Mei – 3 Juni 2022.

“Di tahun 2021 terdapat 12.114 orang pendaftar, sementara di tahun 2022 naik menjadi 12.845 orang, jadi ada kenaikan 731 orang atau 6,03%,” sebut Agusdin.

BACA JUGA :  SIR 2022 Rilis Daftar Perguruan Tinggi Terbaik, Unram Urutan Berapa?

Sementara itu, Koordinator Akademik Dwi Siswanto menjelaskan bahwa pelaksanaan UTBK-SBMPTN sepenuhnya diatur oleh LTMPT. Ia juga menghimbau agar calon mahasiswa jeli membaca ketentuan yang terdapat pada kartu ujian peserta.

“Peserta harus ujian sesuai jadwal yang telah ditentukan di kartu ujiannya, sama seperti pelaksanaan tahun lalu juga demikian,” paparnya.

Dwi juga menambahkan jika Unram telah menyiapkan sarana dan prasarana UTBK sesuai protokol kesehatan. Sedangkan untuk syarat khusus, seperti harus swab dan vaksin booster tidak ada. Pada tahun ini kuota SBMPTN Unram sebanyak 50% atau sekitar 3.000 mahasiswa. (adi)