11 Siswa SMA Wakili NTB di KSN Tingkat Nasional

OLIMPIADE : Salah satu peserta KSN tingkat nasional asal NTB, siswa SMAN 1 Mataram saat menjawab soal secara daring. (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Sebanyak 11 siswa SMA/MA mewakili NTB dalam ajang Kompetensi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional tahun 2021 yang dilaksanakan secara online atau dalam jaringan (daring) dari sekolah masing-masing peserta. KSN SMA/MA tingkat nasional secara daring ini dilaksanakan 7-13 November 2021.

“KSN tingkat nasional dilakukan dari sekolah masing-masing mulai hari ini Senin 8 November,” kata Kepala Seksi Peserta Didik SMA Dinas Dikbud NTB Agus Siswoaji kepada Radar Lombok, kemarin.

 Dijelaskan, Sistem pengawasan pelaksanaan KSN ini dilakukan oleh sekolah masing-masing. Untuk memastikan siswa mengerjakan soal dengan jujur, maka panitia pusat mengharuskan setiap peserta diawasi oleh tiga kamera. Diantaranya, kamera zoom dari depan, dan dua kamera yang terhubung ke panitia berada di belakang dan samping peserta.

Sebelumnya, pada masa ujicoba tanggal 2-4 November, seluruh peserta yang lolos tidak ada kendala dan tiap sesi, pihaknya terus memantau perkembangan. Sebagai antisipasi, peserta diminta menggunakan laptop daripada komputer/PC, sebagai antisipasi jika ada pemadaman listrik.

BACA JUGA :  Guru KLU Diminta Terus Berinovasi

“Kita juga meminta kepada sekolah menyiapkan jaringan internet yang bersumber pada Wi-Fi dan juga operator seluler,” terangnya.

Adapun 11 siswa yang bersaing di ajang KSN tingkat, diantaranya Natasya Hadiatullah Buhari kelas XI SMAN 1 Mataram bidang Lomba Astronomi, Ashifa Jasmine kelas XII SMAN 1 Mataram bidang lomba Biologi, Cloudia Febrilia Wibowo kelas XI SMAS Khatolik Kusuma Cakrangera bidang lomba Ekonomi, Muhammad Abiyyu Hafiansyah kelas XI MAN 2 Mataram untuk bidang Fisika, Muhammad Virzian Hasbi kelas XI SMAN 1 Selong bidang mapel Geografi, Randi Palguna Artayasa kelas X SMAN 3 Mataram bidang mapel Informatika Komputer.

BACA JUGA :  SMPN 1 Sakbar Kirim Atlet ke Provinsi

Selanjutnya, Wira Satriawan kelas XI SMAN 1 Mataram bidang mapel Kebumian, Baiq Aura Salsabila kelas XI SMAN 1 Selong bidang Kebumian, Azzura Fitri Astuti kelas XII SMAN 1 Selong bidang Kimia, Stephanie Vania Suardi kelas XI SMAN 1 Mataram bidang Matematika dan Joshua Putra Thedjo Kusumo kelas X SMAN 1 Mataram bidang Matematika.

Jumlah peserta KSN secara nasional sebanyak 2.179 Siswa untuk semua jenjang pendidikan.

Berdasarkan data Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek  kembali menggelar KSN tahun 2021 dengan tema “Talenta Sains untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh”.  Sebanyak 2.179 siswa yang terdiri dari 544 murid tingkat SD/MI, 735 siswa SMP/MTs, dan 900 siswa SMA/MA siap beradu kemampuan bidang sains pada ajang KSN tahun 2021. (adi)