11 JCH Mataram Pindah Lewat Daerah Lain

MATARAM- Jumlah Jama’ah Calon Haji (JCH) Kota Mataram berkurang dari 553 menjadi 542 orang yang terbagi menjadi tiga kelompok terbang (Kloter). Ada 11 JCH memilih pindah kloter ke daerah lain. Mereka pindah atas dasar pilihan pribadi. Selain itu ada dua JCH yang mengundurkan diri karena kondisi kesehatan. Sementara satu lagi meninggal dunia.” Total ada pengurangan 13 JCH Kota Mataram,” ungkap H. Burhanul Islam, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram usai rapat persiapan pemberangkatan haji di kantor Walikota kemarin (10/8 ).

Jamaah calon haji asal Kota Mataram diberangkatkan pada tanggal 23 Agustus  mendatang. Pemberangkatan pertama yang terdaftar sebagai Kloter 02 merupakan kloter utuh Kota Mataram terdiri dari 355 orang ditambah lima petugas kloter.

JCH Kota Mataram terbagi dalam satu kloter utuh dan  tiga kloter campuran. Selain 355 orang yang berada di kloter utuh, Kloter 02 yang akan dilepas di Pendopo Walikota Mataram pada tanggal 23 Agustus 2016, selanjutnya akan diberangkatkan 45 orang JCH yang tergabung dalam

Kloter 05 bersama jamaah asal Lombok Tengah dan akan dilepas pada tanggal 28 Agustus. Menyusul kemudian 129 JCH di Kloter 10, yang akan dilepas secara bersamaan pada tanggal 4 September dengan 16 JCH Kota Mataram yang ada di Kloter 11. “ Secara administrasi visa dan kebutuhan lainnya sudah tuntas,” tegasnya.

Semua sudah diselesaikan secara tuntas. Meski demikian diperlukan pengecekan terakhir untuk  memastikan kesiapan seluruh jamaah yang akan diberangkatkan.

Pengumpulan terakhir seluruh jamaah ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus yang sekaligus akan dimanfaatkan oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram selaku pihak yang berperan memberikan pembinaan untuk mendistribusikan fasilitas.Sementara untuk pelepasan JCH yang berada di Kloter 02 yang merupakan kloter utuh, Kabag Humas Kota Mataram Lalu Alwan

Basri mengatakan, kegiatan tersebut akan sangat berdekatan waktunya dengan kegiatan Jambore PKK NTB yang akan digelar di Kota Mataram, salah satunya di Lapangan Umum untuk kegiatan pembukaan dan senam massal. Sehingga diperlukan koordinasi lebih matang agar kedua kegiatan sama-sama dapat berlangsung lancar.

Musim haji tahun 2016, jumlah JCH Kota Mataram mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Sehingga diperkirakan jumlah pengantar jamaah pun akan lebih banyak. Apalagi selama ini pihak keamanan memang harus bekerja keras mengatur pengantar. Pol PP perlu memperketat garis batas bagi para pengantar jamaah. “Akan dipasang pagar agar para pengantar tidak masuk dan memenuhi lokasi pelepasan,” pungkasnya.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid