105 PPK untuk Pilkada Lotim Dilantik

Dilantik: Sebanyak 105 PPK di 21 kecamatan dilantik bertempat di pendopo Bupati Lombok Timur kemarin. (M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Sebanyak 105 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah direkrut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur diantik dan menandatangani pakta integritas di pendopo Bupati Lombok Timur, Kamis (16/5). Pelantikan dihadiri Pj. Bupati Lotim HM. Juaini Taufik, jajaran komisioner KPU, Bawaslu, perwakilan komisioner KPU NTB dan unsur Forkopimda. Dari 105 orang yang dilantik, ada 30 persen perempuan. ” Selamat ke seuruluh PPK. Setelah pengambilan sumpah jabatan maka secara resmi menjadi anggota PPK,” kata Pj. Bupati Lotim HM. Juaini Taufik.

Meskipun hanya delapan bulan terang dia,.namun berbagai tugas dan kewenangan PPK ini sangat menentukan kualitas dan suksesnya Pilkada Lotim. Baik itu Pilbup maupun Pilgub NTB. ” Saya berharap setelah diambil sumpah dan pakta integritas supaya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin. Kalau bicara integritas sama dengan ASN. Mudah kita ucapkan tapi berat kita tunaikan,” ucapnya.

Baca Juga :  WSBK Jadi Ajang Promosi 91 Desa Wisata Lotim

Integritas harus dilaksanakan meskipun tidak ada orang yang mengawasi. Apa yang menjadi tugas dan kewajiban harus dilaksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku ” Lebih baik kita dikatakan berintegritas ketimbang kurang berintegritas,” jelasnya.

Karenanya berkitan dengan pelaksanaan Pilkada Lotim menjadi tugas berbagai pihak untuk menyukseskannya. Terlebih lagi berbagai tahapan Pemilu saat ini telah mulai berjalan ” Terutama begaimana partisipasi pemilih akan semakin baik dan berkualitas,” tandasnya.

Sementara itu Ketua KPU Lotim Ada Suci Makbullah mengingatkan PPK supaya menjalankan tugas dan kewajiban dengan sebaik mungkin untuk menyukseskan Pelaksanaan Pilkada 2024. Usai dilantik, para PPK di setiap kecamatan diminta untuk segera menggelar rapat pleno untuk menentukan ketua. ” Ketua dan anggota PPK untuk menjamin koordinasi dengan kecamatan di wilayah masing- masing untuk penentuakn sekretaris dan staf teknis,” ungkapnya.

Baca Juga :  Densus Tangkap Terduga Teroris di Lotim, Ini Kata Tetangga HSN

Setelah pembentukan badan adhock terhitung dari tanggal 31 Mei PPK juga diminta untuk segera menuntaskan validasi data pemilh.

Efektif pelaksanaan Pilkada ini tak lepas jika data pemilih telah akurat. ” Tahapan Pilkada 31 Mei pemuktahiran data. Khusus untuk Lotim tahapan pengumuman pendaftaran calon bupati tanggal 24 dan 26 Agustus. Pendaftran tanggal 27 sampai 29 Agustus. Sedangkan penetapan calon tanggal 22 September,” tutupnya.(lie)

Komentar Anda