10,34 Hektare Areal TNGR Terbakar

TERBAKAR: Petugas sedang berusaha memadamkan api saat kebakaran sekitar 10,34 hektare di wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II TNGR, Selasa (2/8) lalu. (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Kebakaran di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) telah menyebabkan areal sekuas 10,34 hektare terbakar.

Kepala Balai TNGR, Dedy Asriady menyebutkan kasus kebakaran yang terjadi di areal kawasan TNGR pada Selasa (2/8) lalu itu telah dapat dipadamkan. Di mana luas areal yang terbakar diperkirakan sekitar 10,34 hektare di wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II TNGR. Lokasi kebakaran di sekitar Pal TN 305 dengan titik koordinat 08°23’30.66″S 116°32’19.47 di Gunung Mentar Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. “Kebakaran terjadi pada Selasa (2/8) sekitar pukul 11.30 Wita. Sekarang sudah kita padamkan,” katanya.

Dedy, menjelaskan kebakaran yang terjadi merupakan jenis kebakaran permukaan. Dengan vegetasi yang terbakar antara lain rumput, alang-alang, semak, perdu dan dedaunan kering. Ada beberapa kendala yang dihadapi Tim Siaga Pengendalian Karhutla pada saat melakukan kegiatan pemadaman. Seperti topografi areal yang terbakar cenderung terjal dan curam, kecepatan angin yang relatif tinggi yang menyebabkan kebakaran menjadi cepat meluas. Vegetasi yang mudah terbakar serta kurangnya ketersediaan sumber air di lokasi tersebut. “Alhamdulillah api dapat dikendalikan sekitar pukul 16.30 Wita dan dapat dinyatakan padam setelah Tim Pengendalian Karhutla melakukan mop up pada pukul 17.00 Wita,” tuturnya.

Masyarakat dan pendaki diminta menjaga kelestarian alam Rinjani dengan bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Masyarakat juga diminta bijak menggunakan api saat memasuki kawasan TNGR dan memastikan api yang digunakan telah padam sebelum meninggalkan tempat. (sal)

Baca Juga :  Kejaksaan Dalami Dugaan Penyelewengan Dana Reses Dewan