1 Tim Tersungkur, 3 Masuk ke Semifinal

BANDUNG—Tim putra voli pasir NTB 2 harus menelan pil pahit setelah menerima kekalahan di babak 8 besar kejuaraan voli pasir Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat. Tim yang digawangi Endy dan Wendy ini dipaksa menepi setelah sebelumnya berjuang mati-matian agar lolos ke babak semifinal.

Sinyal lemah dari pasangan ini sebenarnya sudah terlihat sejak babak 16 besar. Kala meladeni permainan tim voli dari DKI 1, Endy dan Wendy dibuat cukup kewalahan. Beruntung, perlawanan DKI 1 mampu diredam, meski lewat perjuangan tiga set.

Jika tim voli pasair NTB 2 gugur, maka kabar baik datang dari tim piutra voli pasir NTB 1. Kemenangan di babak 8 besar mengatar tim ini melaju ke semifinal. Lolosnya tim putra NTB 1 ke babak semifinal rupanya tidak sendiri, dua tim putri voli pasir NTB juga mengalami nasib serupa.

Pasangan putra NTB 1, Danangsyah dan Tio Kesuma memastikan diri melaju ke babak semifinal setelah berjuan mati-matian meladeni pasangan putra Bali, Made Vandim dan I Putu Juniartha dengan skor 2-1.  Mereka menumpas perlawanan para atlet Bali di Lapang Voli Pantai, Arcamanik Sport Kota Bandung, Senin (19/9).

Sejak set pertama dimulai, tim NTB 1 Danang dan Tio didukung supporter dengan militansi tinggi. Dukungan dari para pendukung ini rupanya membuat semangat Danang dan Tio berkobar-kobar. Dengan mudah pasangan ini menyudahi perlawanan Bali di set pertama dengan poin  8-3.

 

Berlanjut di set kedua, Bali mulai mengatur irama permainan dengan lebih tenang. Namun demikian, ketenangan yang ditunjukan justru membuat Danang dan Tio kewalahan. Buktinya, kejar-kejaran poin terus terjadi dan Bali mampu memenangkan set ini dengan poin 21-17.

Di set penentuan, NTB yang sudah terlanjur berada di atas angin justru kembali perkasa. Kepercayaan diri Danang dan Tio yang sebelumnya memudar kembali merona. Di set ini, NTB mampu mengamankan poin kemenangan 21-18.

Dengan kemenangan ini praktis, NTB 1 melaju ke semifinal. Di babak ini Danang dan Tio akan meladeni tim DIY, Ade Candra dan Gilang Ramadhan. Pertandingan akan dihelat hari ini,Selasa (20/9).

Kabar baik juga datang dari tim putrid voli pasir NTB 1 dan 2. Pasangan Dhita Juliana dan Putu Dini Jasita Utamai yang mengisi tim NTB 1 kala melawan Jawa Barat 1, Normalita Nurbaeti dan Risa Maulina Agustin menang mutlak. Pasangan ini mengantongi skor 2-0 (21-12 dan 21-7).

Sedangkan untuk tim NTB 2 yang diisi Putri Allysah Mutakharah dan Desi Ratnasari melawan DKI 1, Dewi Kusuma Ningrum dan Violla Dwi Elyantini harus bermain alot dengan skor 2-1 (21-18, 21-18 dan 15-17).

"Dengan kemenangan ini tentunya menjadi penyemangat karena didukung oleh semua supporter NTB dari pertama kali main,’’ kata atlet Putra NTB 1, Danangsyah kepada Radar Lombok.

Pihaknya menagku tidak menyangka bisa memasuki babak semifinal. Kemenangan yang diraih kemarin disebutnya berkat kerjasama tim dan jasa pelatih yang terus membimbing.

‘’Saya berharap agar bisa terus melaju ke final dan bermain baik besok," harapnya.

Di tempat sama, Ketua Pengprov PVBSI NTB, Surya Bahari mengatakan, 3 tim voli pasir bisa meraih hasil yang terbaik. Padahal saingan mereka sejak awal cukup kuat. Pihaknya pun berharap lawan berikutnya bisa diatasai. Ini mengingat lawan yang akan dihadapi di babak semifinal tak kalah hebatnya.

Terpisah, Ketua KONI NTB, Andy Hadiyanto mengatakan, dengan kemenangan ini ketiga tim voli pasir NTB bisa juara. ‘’Kami terus berdoa agar atlet NTB khusunya di voli pasir bisa memberikan yang terbaik untuk daerah. Semoga di semifinal nanti bisa menang kala berhadapan dengan DIY,’’ tutupnya. (cr-adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut