1.600 Calon Penerima RTG di SK Susulan Bermasalah

Ainal Yakin (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Tim validasi yang dibentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Utara (KLU) sudah memulai memvalidasi data penerima bantuan stimulan rumah tahan gempa (RTG) yang ada di SK susulan sebanyak 7.164.

Dari validasi awal ini ditemukan 1.600 data calon penerima RTG bermasalah. Data bermasalah ini belum bisa dipastikan karena tahap validasi masih berjalan dan disinkronkan dengan situasi di lapangan. “Saat ini kami masih validasi data penerima RTG pada tahap susulan itu, dari hasil pengecekan data kami sudah berikan tanda merah itu sekitar 1.600,” terang Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD KLU Ainal Yakin.

Jumlah dana yang sudah ditransfer oleh BNPB ke rekening BPBD Rp 339 miliar lebih. Yang sebenarnya tinggal pembagian buku rekening namun diantisipasi terdapat data invalid sehingga kembali divalidasi. Validasi melibatkan stakeholder terkait seperti kepolisian, TNI, camat, kades, dan kadus. Sehingga data yang divalidasi juga benar adanya. “Komposisi tim validasi dapat lebih valid dan kredibel,” jelasnya.

Dari data yang ditemukan bermasalah itu sudah ada yang mendapatkan bantuan RTG, ada juga rumahnya tidak rusak namun namanya masuk. Untuk itu, calon data penerima diperkirakan berkurang. Mengingat batas waktu sampai April mendatang, Ainal Yakin optimis validasi bisa tuntas. Setelah itu baru nanti disampaikan ke BNPB untuk mendapatkan persetujuan realisasinya. “Kita optimis bisa tuntas secepatnya,” katanya. (flo)