1.113 Desa di NTB Ditarget Punya Perpustakaan

1.113 Desa di NTB Ditarget Punya Perpustakaan
Ilustrasi Perpustakaan

MATARAM—Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi NTB menargetkan masing-masing desa memiliki perpustakaan. Tercatat sebanyak 1.113 yang harus memiliki perpustakaan.

Sekretaris Dispuspida NTB, H Supratman Muslim MZ mengatakan, dari jumlah desa yang ada, tidak semuanya langsung disulap memiliki perpustakaan.  Ini karena jumlahnya sangat banyak dan dibutuhkan waktu bertahap merealisasikan target tersebut.

“Kami juga akan melakukan pembinaan dengan cara bertahap, berjenjang dan berkesinambungan. Mengingat anggaran yang dimilikinya juga disebutnya sangat terbatas,” katanya, Jumat (20/10).

Pembinaan yang dilakukan pihaknya, jelasnya, sebagai bentuk layanan dari instansinya. Namun pembinaan yang dilakukan yakni secara bertahap.

Katanya, perpustakaan desa adalah prioritas program yang dijalankan pihaknya saat ini. Target pembinaan di 1.113 desa yang ada di NTB ini dilakukan bertujuan meningkatkan dan menguatkan budaya literasi yang ada di tataran terbawah.

Adapun jenis pembinaan yang dilakukan pihaknya yakni, terkait enis buku yang akan diadakan di masing-masing desa. Ini karena dibutuhkan input informasi terkait kategori jenis bacaan yang disukai.

Dalam menyukseskan pembinaan, pihaknya tetap mengingatkan bahwa anggaran yang dimiliki pihaknya terbatasa. Konsekuensinya, realisasi pengadaan perpustakaan pun dilakukan bertahap.

Terpisah, pustakawan Dispuspida NTB, H Ibnu Astir mengatakan, program prioritas pihak Perpustakaan NTB menurutnya sangat luar biasa. Mengingat, penguatan budaya literasi harus dimulai dari tingkatan terbawah.

“Kalau program ini berjalan, maka kedepannya tidak akan ada lagi masyarakat awam,” tutupnya. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid